Mesin preheater marka jalan memiliki rancangan khusus yang berperan sebagai pendukung proyek pembuatan marka cat thermoplastic. Selengkapnya akan kami uraikan pada pembahasan di bawah ini.

Secara teknis, penggunaan alat preheater sangat berperan dalam proses pengerjaan proyek marka jalan, terutama jika menggunakan cat thermoplastic. Prosesnya cat akan melalui proses pemanasan sebelum akhirnya teraplikasi pada lapisan perkerasan aspal.
Tentu saja, tanpa mesin ini, cat thermoplastic yang terkenal karena daya tahannya, akan mudah luntur atau rusak. Untuk lebih jelasnya tentang mesin ini, simak terus artikel ini.
Baca juga : Jasa Pengecatan Marka Jalan Tangerang
Spesifikasi Mesin Preheater
Mesin preheater hadir dengan termostat untuk suhu bahan termoplastik dari +50 °C (122 °F) hingga 270 °C (+482 °F). Hal ini termasuk tampilan terintegrasi yang menunjukkan suhu termoplastik aktual.
Secara desain, alat penunjang pembuatan marka jalan ini memiliki rancangan berupa dua sistem yang berbeda dan petugas mesin marka jalan bisa memilih mana yang paling menguntungkan.
Kedua sistem tersebut adalah; :
- Pemanasan langsung (D): Bahan termoplastik dipanaskan langsung dari pembakar. Kapasitas standar: 300 L, 500 L, 750 L, 1000 L.
Bahan termoplastik akan melalui proses pemanasan melalui minyak transfer termal di ruang terpisah oleh burner. Ruang minyak terletak pada bagian dinding samping pemanas awal. Oleh karena itu, pemanasan bahan termoplastik pada prosesnya mulai dari berbagai sudut karena ruang minyak yang mengelilingi preheater.
- Pemanasan tidak langsung (ID): Bahan termoplastik dipanaskan melalui minyak transfer termal di ruang terpisah yang dipanaskan oleh pembakar. Kapasitas standar: 250 L, 400 L, 600 L, 800 L, 1100 L, 1600 L, 2500 L.
Bahan termoplastik memasuki tahapan proses pemanasan langsung dari burner, yang berlokasi di bagian bawah preheater. Oleh karena itu, pemanasan bahan termoplastik dilakukan dari satu lokasi ini – bagian bawah preheater.
Adapun kelebihan dengan diesel atau solar ini adalah tidak dianggap berbahaya jika diangkut dengan truk. Selain itu, lebih mudah untuk menangani dan mengisi solar dalam tangki bahan bakar daripada menukar tangki propana dengan kompor gas. Apalagi di tengah pengerjaan marka jalan, tentu kemudahan ini sangat berarti bagi pekerja. Walau demikian, di Indonesia masih banyak yang menggunakan gas LPG.
Keuntungan Pemanasan Tidak Langsung
- Kontrol termal yang lebih baik memastikan penanganan material termoplastik dengan lembut. Ini memastikan kondisi aplikasi yang optimal di area kerja suhu – pemanasan maksimum tanpa risiko kerusakan material
- Kondisi pemanasan yang aman melalui distribusi panas yang seragam dari minyak termal
- Suhu penyimpanan seragam di semua bagian pemanas awal – tidak ada titik panas
- Masa pakai preheater lebih lama karena pasokan panas yang lebih lembut dari burner – tidak ada bagian baja yang terlalu panas
Keuntungan Pemanasan Langsung
- Waktu pemanasan cepat karena burner hanya perlu memanaskan baja preheater – tidak ada minyak panas sebagai media perantara
- Kapasitas leleh yang lebih tinggi karena lebih banyak efek pemanasan di preheater, yang kemudian memanaskan dan melelehkan termoplastik
- Konstruksi sederhana – tidak ada reservoir minyak termal yang dibangun ke dalam konstruksi
- Harga biaya yang lebih rendah karena konstruksi yang lebih sederhana
Itulah beberapa hal tentang mesin preheater untuk marka jalan. Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk Anda yang saat ini sedang mencari mesin preheater. Butuh info soal layanan sewa alat cat marka jalan? Hubungi tim Solid Line.